ads 728 X 90

Breaking News

Gubernur Jambi Serahkan Kartu JKN-KIS Secara Simbolis Kepada Masyarakat


MEMO online, Jambi - Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli memberikan menyerahkan kartu JKN-KIS secara simbolis kepada masyarakat, di lapangan Kantor Gubernur Jambi Senin(10/4/2017).

Turut mendampingi pembagian kartu JKN-KIS tersebut, adalah Kepala BPJS Kesehatan Divisi 2 Regional Hidayat Sumintra,  Plt Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik, Kacab BPJS Jambi, dr. Dyah Miryanti, Plt Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dan Ketua Umum PERSI Asianto Subagyo.

Dikatakan Zumi Zola, bahwa bentuk dukungan pemerintah baik itu pusat dan daerah  atas Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan begitu baik.

"Program JKN-KIS ini merupakan rencana dari Presiden RI, Joko Widodo dan harus diikuti oleh setiap daerah, agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," terangnya.

Hal dikarenakan Bapak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan kepada BPJS Kesehatan untuk memberikan fasiiitas yang dibutuhkan masyarakat dalam kesehatan.

Sementara di Provinsi Jambi, telah membuat program kesehatan bagi daerah sudah berjalan 1(satu) tahun yang lalu tepatnya setelah dirinya dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Pemda Jambi telah mengambil alih untuk membantu masyarakat yang membutuhkan akan perobatan seperti anaknya yang menderita hydrosepalus berobat ke RSUD Rd Mattaher, anaknya memiliki jantung bocor berobat ke Jakarta," terangnya.

Bagi masyarakat yang berobat ke Jakarta, Pemprov Jambi telah mempunyai kantor perwakilan untuk membantu masyarakat dari datang dari bandara, berobat sampai kembali ke Jambi.

Sementara itu Hidayat Sumintra, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam segi pelayanan di internal sendiri serta kerjasama dengan penyedia layanan kesehatan. Saat ini tercatat sebanyak 25.940 faskes yang telah bekerja sama dengan BPJS kesehatan dengan jumlah 20.778 FKTP dan 5.162 FKTL.

"Tahun 2016 tercatat sebanyak 3.978 peserta Jamkesda yang didaftarkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan 8.349 mulai aktif terhitung mulai  1 Mei mendatang," bebernya.

Sementara jumlah total peserta di Jambi, terdaftar sebanyak 1.900.797. Oleh sebab itu pihaknya berharap semua penduduk Jambi dapat terdaftar semuanya pada program JKN-KIS di tahun 2019. 

"Saat ini baru 56,8 persen, jadi masih terdapat 43,2 persen penduduk Jambi yang belum terdaftar," pungkasnya. (sin/diens)

No comments