ads 728 X 90

Breaking News

Ditagih YUA Soal Laporan Dugaan Korupsi di Dinkes Batu, Begini Jawaban Kajari


MEMO online, Batu  - Lantaran hingga saat ini dugaan kasus korupsi di Dinas Kesehatan pemkot Batu tak juga rampung, Yayasan Ujung Aspal (YUA) kembali menagih janji  pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu.

Bahkan YUA selaku pelapor meminta Kejari setempat segera menyelesaikan kasus tersebut, dan menindak pelakunya.

Hal itu dikarenakan, laporan dugaan tindak pidana korupsi di tubuh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, yang dilayangkan beberapa waktu lalu, hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya.

Oleh sebab itu, Ketua YUA Alex Yudawan, kembali menagih janji kepada Kepala Kejari (Kajari) Kota Batu Nur Chusniah, Rabu (17/5/2017).

“Setidaknya, laporan dugaan tindak pidana korupsi yang kami layangkan beberapa waktu, sudah ditindak lanjuti oleh Kejari. Apalagi yang menerima laporan waktu, Kajari sendiri lho,” kata Alex Yudawan, Ketua Yayasan Ujung Aspal (YUA).

Waktu itu memang Kajari Batu Nur Chusniah, SH. sudah berjanji akan segera menindaklanjuti. Bahkan kami sebagai pelapor diberitahu, jika bisa menanyakan langsung ke Kejari, soal perkembangan laporan itu, dalam satu minggu, dan paling lambat dua minggu.

Oleh sebab itu, karena janji yang dilontarkan Kajari Batu Nur Chusniah, sudah hampir dua minggu pasca laporan dugaan korupsi itu dilaporkan, namun belum ada perkembangan, maka kami selaku pelapor berhak untuk menanyakan perkembangannya kasus tersebut.

Bahkan dalam waktu dekat, tim dari YUA kembali akan mendatangi Kejaksaan Negeri Kota Batu, untuk mempertanyakan kasus yang dilaporkan.

"Adapun tujuannya, adalah untuk mempertanyakan perkembangan kasus tersebut. Sudah sejauh mana perkembangan laporan yang kami layangkan ke Kejari Batu kemarin," paparnya.

Menyikapi kasus tersebut, ketua GNPK (Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi) Jawa Timur Mariyadi, SH. mengatakan, bahwa berdasarkan UU keterbukaan publik, untuk pelapor punya hak untuk mempertanyakan perkembangan kasus tersebut, terkait dengan laporannya.

"Ya mengenai dengan perkembangan laporan itu, tentunya YUA memang punya hak untuk menagih janji kepada Kejari Batu. Karena sesuai dengan UU keterbukaan publik, bahwasanya pihak pelapor mempunyai hak untuk mempertanyakan kasus yang dilaporkannya. Dan saya yakin sekali, pasti akan ditindak lanjuti oleh Kajari Batu, karena beliau mantan penyidik KPK, yang tidak perlu diragukan lagi kepiawaiannya dalam menindak pelaku kasus korupsi yang ada di Kota Batu," terang Mariyadi, SH, yang juga pimred media vonistipikor.com.

Sementara Kajari Kota Batu Nur Chusniah, saat dikonfirmasi wartawan meminta masyarakat tenang dan bersabar menunggu proses hukum laporan dugaan korupsi di Dinas Kesehatan Kota Batu.

"Saya harap dan meminta agar semuanya untuk bersabar dulu, karena ini juga baru terbit kok surat perintah tugasnya. Sabar ya mas,” terang mantan penyidik KPK ini. (Dian/diens)

No comments