ads 728 X 90

Breaking News

Gaya Pendekatan Sosial Ala Babinsa Pulau Tonduk Dengan Masyarakat


MEMO online, Sumenep – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tonduk, Koramil 0827/21 Raas Serka Supardi, melaksanakan komsos dengan masyarakat Dusun Tonduk  Selatan, Desa  Tonduk, Kecamatan / pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa  (30/5/2017).
 
Kegiatan komunikasi sosial yang dilakukan Babinsa dengan tokoh masyarakat Dusun Tonduk Selatan itu digelar, sebagai bentuk pembinaan teritorial di wilayah.

Disamping itu, kegiatan tersebut digelar dalam rangka bertukar informasi, serta  untuk lebih mengenal kultur budaya setempat.

Sehingga, hubungan harmonis antara Babinsa dengan  masyarakat di wilayah binaan, tetap terjalin.

“Dengan kedekatannya seorang Babinsa bersama seluruh elemen masyarakat terutama tokoh masyarakat dan tokoh agama, akan dapat mencegah  kejadian-kejadian yang  timbul,  juga untuk mencegah secara awal setiap isu yang berkembang di lingkungan masyarakat,” kata Serka Supardi, Babinsa Desa Tonduk, Raas.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas kewilayahan, pihaknya berharap dukungan serta kerjasama yang baik dari masyarakat, terlebih pemangku jabatan baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya di wilayah.

Utamanya yang berkaitan dengan masalah keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat. Karena masalah tersebut bukan hanya menjadi tanggungjawab seorang Babinsa, melainkan tanggungjawab bersama.

"Saya berharap dengan adanya hubungan yang harmonis ini wilayah kita senantiasa aman dan damai," ujarnya.

Ia menambahkan, agar budaya gotong royong dan hidup toleransi  di tengah - tengah masyarakat agar terus di pelihara guna memupuk rasa kebersamaan masyarakat.

“Karena lewat gotong royong kita dapat saling bantu dan toleransi di bulan puasa,” paparnya.

Selain itu, tak kalah pentingnya dalam gotong royong akan menguatkan rasa  saling menghormati terhadap perbedaan.

“Sebab kita hidup di Negara Indonesia yang beraneka suku,  Agama,  Adat istiadat yang berdasarkan Pancasila, UUD,1945, dan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya. (udiens)

No comments