ads 728 X 90

Breaking News

Kodim Sumenep Kerahkan Kekuatan Penuh Evakuasi Penummpang KM Mutiara Sentosa 1


MEMO online, Sumenep – Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Budi Santosa, S.sos, mengerahkan kekuatan penuh membantu melakukan evakuasi penumpang KM Mutiara Sentosa I, yang terbakar di perairan Masalembu Sumenep, Jum’at (29/5/2017) sekitar pukul 18.00 Wib.

“Setelah mendapat informasi informasi dari Kepala TU. Unit Penyelenggara Pelabuhan ( UPP.) Kelas III Masalembu ( Sdr. Rahmat Rahim ) mendapat informasi dari Radio Pantai bahwa telah terjadi terbakarnya KM. Mutiara Sentosa I Panjang milik PT. Atosim lampung Pelayaran dengan posisi kapal berada di arah Timur Laut Pulau Masalembu tepatnya pada posisi berada dikoordinat 05° 33.01S -114° 34.25E atau 3 Mil timur laut Pulau Masalembu, Kami langsung memerintahkan semua anggota yang bertugas di Koramil 0827 / 22 Masalembu, untuk melakukan pengecekan, dan memberikan pertolongan,” kata Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Budi Santosa, S.sos, Sabtu (20/5/2017).

Menurutnya, KM Mutiara Sentosa 1 Panjang adalah kapal penumpang ( Kapal jenis RORO / Roll On Roll OFF ) dengan nahkoda Sdr. Edy Sarwoto.

Dan saat melakukan pelayaran,  KM Mutiara Sentosa 1 Panjang, membawa  penumpang dan ABK sebanyak 198 orang. Sedangkan muatan barang berupa 80 unit kendaraan yang terdiri dari SPM 2 Unit, Mobil Kecil 21 Unit, Truck Sedang 10 Unit dan Truck Besar 47 Unit.

Namun setibanya di Perairan Masalembu dengan posisi kapal berada di arah Timur Laut Pulau Masalembu tepatnya pada posisi berada dikoordinat 05° 33.01S -114° 34.25E sekitar pukul 16.00 Wib Kapal mengalami kebakaran dan mati mesin, sehingga kapal terbawa arus.

“Adapun penyebab dari kebakaran kapal tersebut, api berasal dari Dek bawah tempat parkir kendaraan, sehingga api cepat membesar dan merembet ke tempat yang lain,” terangnya.

Sementara perkembangan hasil evakuasi yang dilakukan oleh Tim Gabungan dari Koramil 0827 / 22 Masalembu, Polsek Masalembu, Unit Penyelenggara Pelabuhan ( UPP ) Kelas III Masalembu, Polairud Polres Sumenep dan Basarnas Jatim  yang dibantu kapal nelayan masyarakat dan 2 buah kapal Tugboat dengan keterangan / rincian  :

a.     Pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017 pukul 10.00 wib telah dilaksanakan evakuasi terhadap 186 orang korban selamat ( diantaranya 2 orang bayi ) dan 5 (lima) orang meninggal dunia yang dievakuasi ke Puskesmas masalembu untuk mendapatkan pertolongan pertama.

b.     Pada pukul 11.00 wib sebanyak 186 orang korban selamat ( diantaranya 2 orang bayi ) dilakukan evakuasi lanjutan menuju ke Pelabuhan tanjung Perak Surabaya dengan menggunakan KM. Dharma Kartika IX dan diperkirakan tiba di pelabuhan tanjung perak pukul 21.00 wib.

c.      Sedangkan 3 (dua) orang masih berada di Puskesmas Masalembu dan 2 (dua) orang ( Kapten Kapal dan ABK ) di Syahbandar Masalembu sebagai penanggung jawab kapal direncanakan evakuasi ke Surabaya menggunakan Kapal Basarnas.

d.     Untuk 2 (dua) orang korban selamat lainnya yang diselamatkan oleh KM. Maratus yang sedang melintas menuju makasar.

Sedangkan 5  orang penumpang kapal meninggal dunia akan dievakuasi dengan  menggunakan kapal basarnas ke Surabaya.

Adapun identitas 5 orang korban meninggal dunia tersebut adalah :

1)      Bambang (43) Tahun, asal Malang.
2)      Yusuf  (40) tahun, asal Purwodadi
3)      Prayitno, asal Banyuwangi
4)      Supri  (39) Tahun, asal Malang
5)      Mr. X ( Belum diketahui identitasnya)

Sementara Kapal KM Mutiara Sentosa I Panjang rencananya akan ditarik / dievakuasi menggunakan Kapal Tug Boat Kresna 315 dan Kapal Tug Boat Restu dari perairan Masalembu menuju ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Namun sampai berita ini diturunkan, rapat koordinasi Tim Evakuasi di Syahbandar Masalembu, masih berlangsung.

Dan untuk identitas seluruh penumpang dan ABK masih dalam pendataan Tim Basarnas Jatim.   
                    
Sedangkan keputusan dari basarnas untuk korban jumlah : 198 orang, dengan rincian Terefak ke surabaya :186 orang, Terefak meratus ke makasar 2 orang.
Penumpang Meninggal : 5 orang, dengan rincian 3 orang berada di puskesmas, Abk  : 2 orang.

Bahkan informasi terakhir, pengefakusian  5 jenasah dan 3 org yg di puskesmas ke surabaya dengan km BASARNAS 225. baru saja berangkat. (udiens)

No comments