ads 728 X 90

Breaking News

Ternyata, Lancarnya Kungker DPRD Sumenep ke Bebagai Daerah Berkat Adanya Dana Talangan


MEMO online, Sumenep - Lancarnya kunjungan kerja (Kungker) Anggota DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, ke berbagai daerah, berkat adanya dana talangan Ketua DPRD setempat.

Bahkan hingga saat ini, dana talangan kungker yang dikeluarkan Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma, mencapai Rp 800 juta.

"Kadang mencapai Rp 600 juta dan kadang tidak sampai. Itu sudah berlangsung selama kurang lebih 2,5 tahun terakhir," kata Herman Dali Kusuma, Ketua DPRD Sumenep, Selasa (30/5/2017).

Dikatakan, dana talangan tersebut merupakan dana pribadi yang diambil dari kekayaannya sendiri. Karena secara aturan, pemeberian dana talangan diperbolehkan, karena bersumberkan dari dana pribadi.

Namun akibat sering menalangi biaya kungker, pihaknya sering berseteru dengan keluarganya.

"Ini bukan karena politisi melainkan karena panggilan jiwa. Harapannya semua agenda kedewanan jalan semua," jelasnya.

Sementara anggaran kunker yang disediakan oleh pemerintah baru bisa dicairkan setelah surat pertanggungjawaban (SPj) selesai.

"Intinya kalau SPj sudah selesai, ya anggaran baru bisa dicairkan," jelasnya.

Direktur Sumenep Independen (SI) Syahrul Gunawan mempertanyakan kekayaan Ketua DPRD Sumenep itu. Pasalnya, gaji sebagai anggota dewan setiap bulan tidak mungkin mencapai Rp20 juta setiap bulan.

"Setahu saya gaji Angggota DPRD Sumenep hanya sekitar Rp16 jutaan ini," katanya.

Kendati demikian, dirinya tidak akan berburuk sangka. Karena saat ini dirinya tidak mengetahui aktifitas H Herman Dali Kusuma selain menjadi Ketua DPRD Sumenep.

"Kami harap adanya kebijakan itu berdampak kepada kinerja dewan kedepan. Sehingga tidak hanya terkesan selalu jalan-jalan, dengan modus kunker seperti yang selama ini terjadi," pungkasnya. (edy/diens)

No comments