ads 728 X 90

Breaking News

Pemkot Batu Gelar Mimbar Bebas Sumpah Setia Pancasila


        FOTO: Walikota Batu, Eddy Rumpoko Saat Foto Bersama Komunitas Music Balada 

MEMO online, Batu - Bertepatan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila, Pemrintah Kota batu, menggelar mimbar bebas  “Sumpah Setia Pancasila” sebagai ajang ekspresi masyarakat Kota Batu, Kamis malam (1/6/2017).

Kegiatan yang dilangsungkan  di Balai Kota Among Tani, tepatnya di depan Gedung Graha Pancasila Pemerintah Kota Batu, dimulai Pukul 08.00 wib.

Pada acara tersebut Walikota Batu Eddy Rumpoko, langsung berbaur dengan masyarakat sebagai bentuk apresiasinya pada kegiatan tersebut.

Bahkan Walikota berpesan, agar kegiatan tersebut bisa mengajak seluruh elemen warga masyarakat Kota Batu, menghayati, dan mengaplikasikan butir – butir Pancasila dalam kehidupan sehari – hari, dan menjadikan Pancasila sebagai Jati diri  kita, sebagai Bangsa Indonesia.

"Sebgai Warga Negara kita memang wajib  menjaga Persatuan, dan tidak ada lagi perbedaan diantara  kita,” paparnya.

Sementara Koordinator gerakan cinta Pancasila Kota Wisata Batu, Bagyo Prasasti Prasetyo, mengatakan jika kegiatan tersebut melibatkan seniman, relawan, ormas Kepemudaan GP Ashor Kota Batu.

Dan hal itu dilakukan mengingat situasi  saat ini sangat memprihatinkan di tengah – tengah masyarakat , seperti banyaknya prilaku radikal yang  seolah - olah mempermainkan Pancasila.

Karenanya, di moment 1 Juni ini mereka merefleksikan diri melalui karya seni puisi, tari, serta teatrikal yang mengandung  nilai persatuan  dan mengajak saling menghormati  suatu keberagaman.

"Tidak hanya itu saja mas, karena kami juga mengundang pakar sejarah dari Universitas Negeri Malang guna memberikan pencerahan  kepada anak - anak Kota Batu, ada apa di tanggal 1 Juni? Ternyata  Pancasila adalah endapan dari kebatinan dan pemikiran yang panjang untuk sebuah kemajuan Bangsa, sehingga akhirnya hal tersebut dirumuskan, salah satu tokoh yang menonjol adalah Soekarno.
Dari Pemaparan tersebut sangat diharapkan bahwa Pemuda Kota Batu  bisa menghayati ideologi, Falsafah hidup bangsa dan menginternalisasikan ke benak mereka. Terang Bagyo.

Hal senada juga dikatakan, Ahmad Rifai Ketua Rumah Balada Indonesia Kota Wisata Batu, ia menjelaskan," bahwasanya acara kegiatan  mimbar bebas ini pada intinya agar semua menyadari bahwa  Pancasila tidak hanya sebagai simbol semata.

Hal ini dibuktikan melalui berbagai komponen beragam, di Kota Batu yanh bisa menjadi kegiatan untuk kebersamaan yang menjadi kekuatan dan keutuhan bangsa.
Tercatat ada 4 genre  musik Bambu , Kanjeng Kustik dengan mengangkat kearifan Lokal  dan daur ulang yang kami tampilkan, imbuhnya. (Dian/diens)
                       

No comments