ads 728 X 90

Breaking News

Permudah Pengawasan Jalur Mudik, Pemkab Bekasi Siapkan CCTV


MEMO online, Bekasi – Untuk mempermudah pengawasan dan penanganan ketika terjadi masalah di jalan raya, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, akan menyiapkan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) di jalur utama.
 
Kamera tersebut akan dipasang di jalur utama pantura, yang akan dilewati arus  mudik dan arus balik lebaran 2017. Sehingga ketika terjadi kemacetan atau kecelakaan saat mudik lebaran, dapat dengan mudah terpantau dan ditangani petugas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup mengatakan petugas telah mendata bahwa ada 22 titik jalur yang rawan terjadi kemacetan saat dilintasi pemudik.

Jalur yang rawan macet itu misalnya, di persimpangan Indoporlen, Pasar Tambun, perempatan Pengairan, perempatan SKU, Pasar Induk Cibitung, RS Medika, Terminal Kalijaya, SGC, dan Lemah abang.

Sementara di jalur Kalimalang seperti di Toyogiri, TL Legenda, PRT Pengairan, Perempatan Cibuntu, TL Gandasuka, perempatan Warung Bongkok, PT 9 Jababeka (1), dan PT 9 Jababeka (2).

"Seluruh titik itu akan dipasang kamera CCTV mulai pekan ini hingga pekan depan," ujar Suhup Kamis (8/6/2017).

Suhup mengatakan, sebetulnya pemerintah daerah telah memiliki 12 titik kamera CCTV di beberapa jalur utama.Salah satunya, di persimpangan Jurong dan persimpangan Sentra Grosir Cikarang (SGC).

Nantinya, 22 titik yang akan dipasang pemerintah hingga mencapai perbatasan dengan Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Menurutnya, penambahan CCTV ini akan meningkatkan pengawasan petugas yang ada di lapangan.

Untuk membantu penanganan insiden di lapangan, pemerintah juga berkoordinasi dengan aparat Polrestro Bekasi.Dengan demikian, penanganan lalu lintas yang terjadi di jalurmudik bisa diatasi dengan cepat dan tepat.
"Kita juga meningkatkan kualitas teknologi kamera yang tersedia. Salah satunya yakni kamera otomatis yang dapat melaporkan setiap kepadatan yang terjadi di jalan," ungkapnya.

Suhup menambahkan, pemasangan CCTV ini juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.Soalnya kamera pengawas itu juga ditempatkan di sejumlah titik rawan kejahatan, terutama di sejumlah jalur alternatif yang kerap terjadi aksi pembegalan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub Kabupaten Bekasi, Cecep Supriyadi menambahkan, pihaknya juga memperbaiki dan menambahkan beberapa rambu lalu lintas dan marka jalan yang rusak.Penambahan rambu akan dilakukan di sejumlah titik kepadatan.

"Penambahan rambu dan petunjuk jalan dilakukan pekan depan," kata Cecep.

Rambu lalu lintas ini, kata dia, untuk memudahkan pengguna jalan dalam mudik nanti.Bahkan, persiapan jalur mudik tahun ini akan lebih maksimal dari tahun sebelumnya.Diharapkan, tidak ada kepadatan berarti pada mudik tahun ini.

"Selain rambu, posko mudik juga akan kami dirikan," pungkasnya. (Bam/diens)

No comments