ads 728 X 90

Breaking News

Waduh ! Mortir Zaman Penjajahan Masih Tersisa di Areal Pemkaman Umum Jember


MEMO online, Jember - Bom mortir berjenis kapal selam, ditemukan warga saat menggali pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Rowotengu, Desa  Sidomulyo, Kecamatan Semboro, Jember, Kamis (1/6/2017) siang.

Menurut Fadil (43), salah seorang warga setempat yang ikut menyaksikan saat penggalian pemakaman, mengatakan jika Bom Mortir sisa zaman penjajahan ditemukan warga, dikedalaman satu meter.

"Selang beberapa menit, sekira 1 meter, cangkul seperti mengenai benda aneh sejenis besi. Warga yang penasaran menggaruk dengan tangan, setelah diangkat menyerupai bom, kita langsung berlari ketakutan semua, takut meledak," katanya.

Akibatnya, warga yang ikut melakukan ta'ziyah lari berhamburan, takut ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Sementara warga yang lain, melaporkan temuan benda aneh tersebut pada pihak berwajib.

Sementara Kapolsek Semboro AKP Subagyo, membenarkan peristiwa  penemuan benda aneh mirip di areal pemakaman umumtersebut. Bahkan pihaknya  mengaku mendapatkan laporan dari warga sekitar, dan turun langsung ke lokasi penemuan.

"Setelah kami melihat langsung, mortir tersebut berukuran 25 cm, dalam kondisi sudah berkarat dipenuhi tanah. Kami sudah melakukan koordinasi dengan Koramil Semboro," jelasnya.

Sampai berita ini ditulis, mortir tersebut langsung dikirim ke Kodim 0824 Jember, untuk memastikan benda berbahaya tersebut masih aktif atau tidak.

Mortir tersebut diperkirakan sudah berusia pululuhan tahun, dan diduga sisa peperangan pada masa penjajahan sebelum Indonesia merdeka. (Sjp/diens)

No comments