ads 728 X 90

Breaking News

Dinilai Merugikan Masyarakat, Pembangunan Food Court Depan Plaza Batu Perlu Ditinjau Ulang


Foto: Ketua MPC Pemuda Pancasila Batu, H. Endro Wahyu (Kiri) Saat Berdialog, Dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Pemkot Batu, (Kanan)                    

MEMO online, Batu – Seharusnya, Pemkot Batu sudah menyelesaikan pembangunan Food Court yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kota Batu, pada bulan Juni lalu. 


Namun fakta di lapanagan, pembangunan tersebut hingga saat belum juga selesai, lantaran terus menuai protes dari masyarakat Batu dan MPC Pemuda Pancasila Kota Batu.

Pembangunannya, tersebut dinilai merugikan masyarakat setempat dan pemuda pancasila, yang biasa mengais rejeki di depan Plaza Batu. Oleh karenanya, mereka menuntut agar pembangunan itu  dikaji ulang.

Ketua MPC Pemuda Pancasila H. Endro Wahyu Wijoyono, S.Kom mengatakan, setiap pembangunan wajid di dukung sebagai tindakan nyata pemerintah dalam upaya memajukan daerah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Namun tidak semua program pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah harus didukung, jika pembangunan yang di rencanakan dapat mengorbankan masyarakat sekitar, contohnya mematikan mata pencaharian masyarakat Batu dan pemuda pancasila yang notabene setiap harinya mengais rejeki di depan Plaza Batu dengan cara Parkir dan berjualan.

"Kalaupun dipaksakan dibangun, bakal membawa dampak negatif, bagi sebuah daerah dalam hal tata Kota, pemerintah seharusnya mengaji ulang, dan melihat azas kepantasan yang harus diperhatikan," kata H. Endro Wahyu Wijoyono, Ketua MPC Pemuda Pancasila, Senin (10/7/2017).

Hal senada juga dikatan Elvis Refualu, yang juga anggota Pemuda Pancasila, ia mengatakan, kami bukanya menentang pembangunan tersebut akan tetapi kami meminta pemerintah untuk mengaji ulang, dengan mempertimbangkan aspek, dan dampak sosial bagi masyarakat setempat.

"Yang dikawatirkan yakni, bahwa Pembangunan tersebut akan membuat kawasan Alun - Alun sebagai sentral Kota Batu akan semakin macet dan semrawut. Dan juga nantinya, pembangunan tersebut akan mengorbankan banyak tenaga seperti PKL dan juru parkir, yang sudah puluhan tahun bekerja untuk menghidupi keluarganya," papar Elvis.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, pemkota Batu menyampaikan, terkait dengan program pemerintah untuk membangun Food Court itu sudah sesuai dengan pengkajian dan melalui proses pematangan.

“Kita juga sudah memikirkan dampak sosial yang bakal terjadi di masyarakat setempat. Semoga pembangunan ini bisa cepat segera terealisasikan, tanpa menuai kecaman dan tuntutan dari pihak manapun. Karena sesuai pesan, dari Bapak Wali Kota Batu. Harapanya ya, agar nantinya wisatawan Yang datang ke Kota Wisata Batu lebih meningkat dengan adanya Food Court ini", jelasnya.

Sekedar diketahui, bahwasanya pembangunan Food Court tersebut menghabiskan anggaran sebesar 1,4 dan bersumber dari APBD Kota Batu. (Dian/diens)

    

No comments