ads 728 X 90

Breaking News

Begini Cara Babinsa Juruan Daya Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat di Wilayahnya


MEMO online, Sumenep -  Babinsa Juruan Daya Koramil 0827/15 Kodim 0827 Sumenep Sertu Lukas,  aktif melakukan kegiatan pendampingan pertanian dan pemantauan perkembangan tanaman jagung di lahan pertanian jagung milik Bapak Matrawi, di Dusun Talaran, Desa Juruan Daya Kecamatan Batuputih. Jumat (25/08/2017).


Kegiatan ini selain merupakan salah satu bentuk pendampingan pertanian Babinsa kepada petani jagung, juga bertujuan untuk memantau perkembangan tanaman jagung.

Sehingga apabila ada gangguan atau serangan hama dan penyakit bisa segera dicegah dan diatasi dengan cara yang benar dan evektif sesuai anjuran dari PPL maupun Dinas Pertanian, misalnya dengan penyemprotan menggunakan Pestisida atau yang lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa jagung merupakan salah satu komoditas strategis bagi kebutuhan pangan masyarakat juga dari segi perekonomian cukup membantu masyarakat, karena selain sebagai bahan pangan juga bisa menjadi bahan baku utama lainnya‎.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pengembangan tanaman jagung dengan produksi tinggi perlu terus diperluas dengan melaksanakan program-program yang telah ditetapkan oleh Dinas Pertanian dan partisipasi petani di wilayah pengembangan menjadi syarat mutlak menuju swasembada yang berkelanjutan.

Babinsa merupakan mitra kerja petani sehingga dengan kedekatan dan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa  diharapkan ikut mensukseskan tujuan pemerintah dalam swasembada pangan Nasional.

Diantaranya mendampingi para penyuluh pertanian pada saat melaksanakan penyuluhan di lapangan. Apabila ada kendala terutama masalah tanaman, para petani bisa menyampaikan secara langsung kepada Babinsa dan PPL untuk disampaikan kepada Dinas Pertanian. Sehingga permasalahan tersebut bisa segera diantisipasi sedini mungkin. (Udiens)

No comments