ads 728 X 90

Breaking News

Dalam Rangka HUT RI Ke 72, Koramil dan Persit Rubaru Donor Darah


MEMO online, Sumenep  – Memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 72, Danramil, Anggota dan Ibu - Ibu Persit Koramil 0827/13 Rubaru menggelar acara sosial berupa Donor darah untuk sesama, Selasa (22/8/2017).


Acara donor darah yang digelar di aula kantor kecamatan Rubaru itu, dilakukan  secara sukarela, yang akan disimpan di bank darah, untuk kemudian didonasikan pada orang yang membutuhkan nantinya.

Sedangkan Transfusi Darah adalah proses pemindahan darah dari seseorang yang sehat ke orang sakit.

Darah  merupakan  bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia begitu juga dalam hal pengolongan darah manusia dimana terdapat 4 golongan darah manusia yang umum dikenal dan merupakan pengolongan darah yang penting yaitu golongan darah A, B, AB, dan O.

Sementara jenis atau golongan darah yang akan diterima penerima nantinya, harus sesuai dengan darah yang ada.

Sebab bila terjadi kesalahan dalam pengenalan golongan darah akan dapat membahayakan nyawa penerima karena terjadi pambekuan darah.

Dalam kegiatan tersebut, ikut ambil bagian sebagai pendonor mulai dari anak sekolah, masyarakat dan juga instansi yang ada di Kecamatan Rubaru. Dan tak ketinggalan anggota TNI dari Koramil 0827/13 Rubaru dan Ibu - Ibu Persit.

”Setitik darah akan menyelamatkan hidup seseorang. Untuk itu darah ini sangatlah akan membantu saudara-saudara kita yang memerlukan akan kebutuhan darah, yang mana untuk saat sekarang ini stok darah di PMI sangatlah kurang,” kata Isdiyanto, SKM selaku Ketua panitia donor darah.

Bahkan pihaknya ingin membuka hati kepada saudara-saudara untuk peduli kepada sesama dan mau mengikhaskan darahnya untuk di donorkan guna untuk menolong hidup saudara kita yang memerlukan tranfusi darah.

“Apalagi ini momen yang tepat untuk ber sosial dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan ke - 72 Republik Indonesia. Mari kita ringankan beban saudara kita yang memerlukan donor darah. Semoga ini akan menjadikan amal yang tak terputus karena saudara telah membantu menyelamatkan nyawa melalui donor darah,” harapnya.

Dalam sambutannya Camat Ruabru, Arif Susanto AP,M,SI mengatakan, jika kegiatan tersebut merupakan suatu kehormatan untuk kita semua.

Karena kita semua masih diberikan kesempatan menjadi sesorang yang masih memberikan manfaat untuk orang lain melalui kegiatan donor darah.

“Tentunya ini merupakan sebuah berkah yang harus kita syukuri betul-betul karena kita tidak berada diposisi orang yang akan menerima darah. Kita tahu betul bahwa donor darah yang kita lakukan ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Tak hanya bagi diri kita sendiri namun juga bagi orang lain yang membutuhkan,” katanya.

Semenrara itu Danramil 0827/13 Rubaru  Kapten Inf Imam Fitri Harto dalam sambutannya menatakan, ” Dengan melakukan donor darah, tentunya kita akan menjadi seseorang yang lebih sehat.

Terlebih lagi jika memang kita telah memenuhi syarat-syarat untuk melakukan donor darah dan dinyatakan sehat toh kita juga tak akan dirugikan dengan donor darah yang kita lakukan ini.

Sementara bagi mereka yang membutuhkan, bahkan hanya setetes darah kita mampu menyelamatkan nyawa mereka. jika kita mengetahui kisah-kisah orang yang membutuhkan setetes darah dalam usaha mereka untuk memperoleh kehidupan, maka apapun akan dilakukan demi mampu mendapatkan setetes darah sekalipun. 

“Tentunya merupakan suatu kebahagian tersendiri tatkala kita masih menjadi hamba yang mampu memberikan manfaat untuk orang lain, sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, Ini menunjukkan kepada kita bahwa kita senantiasa untuk melakukan segala sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Cara termudah untuk menjadi orang yang bermanfaat tentu saja adalah dengan banyak-banyak melakukan segala kebajikan,” pungkasnya. (Udiens)

No comments