ads 728 X 90

Breaking News

Diacara Pembinaan dan Pengawasan Koperasi Berprestasi 2017, Bupati Sumenep Berpesan Begini


MEMO online, Sumenep – Saat menghadiri acara Pembinaan,Pengawasan dan Penghargaan Pada Koperasi Berprestasi Tahun 2017, di Lapangan Karduluk Jln. Raya Karduluk, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (24/8/2017), Bupati Sumenep A Busyro Karim, menekankan pentingnya pelaku koperasai dan UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep, terus berkreasi dan ber inovasi.


Penekanan tersebut  dilontarkan orang nomor satu di Kabupaten Sumenep ini, saat memberikan sambutan dihadapan sekitar 300 orang peserta yang hadir.

Selain itu, Bupati Sumenep menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, yang ikut berpartisipasi aktif terselenggaranya acara tersebut, termasuk kepada koperasi berprestasi.

Bahkan Bupati berharap peraih juara koperasi, tidak hanya Kecamatan Kota, melainkan semua koperasi yang di semua kecamatan di Sumenep berkesempatan juga meningkatkan kualitasnya.

“Kita pernah berprestasi ditingkat provinsi, maka ini harus menjadi motivasi untuk koperasi lainnya. Dan harapan besar saya ada koperasi kepulauan yang berprestasi berasal, karena itu menjadi tantangan kita semua, agar koperasi di kepulauan tambah maju,” kata Bupati Busyro, Kamis (24/8/2017).

Menurutnya, selain modal salah satu faktor yang berpengaruh dalam koperasi yaitu Sumber daya manusia koperasi harus terus ditingkatkan dan dimaksimalkan karena koperasi menjadi penyelamat dalam keadaan krisis ekonomi.

“Oleh karena itu pelatihan koperasi harus terus dilakukan dan merata hingga kepulauan,” paparnya.

Selain itu, manajemen atau tata kelola koperasi juga menjadi tantangan karena koperasi indentik dengan simpan pinjam.

“Dan saya harap koperasi bukan hanya simpan pinjam tetapi harus dalam bentuk lain seperti koperasi yang mengelola toko,” tekannya.

Sedangkan masalah lain dari rendahnya kreasi dan inovasi koperasi yang ada saat ini, karena era pasar bebas yang menunutut orang kreatif dan inovatif.

“Saya kira kualitas produk dari Sumenep harus mampu bersaing produk dari luar. Makanya kita dituntut pintar berkreasi dan berinovatif, sehingga dari 1.560 koperasi yang ada di Sumenep, mampu menampilkan produ yang bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sumenep A Busyro Karim bersama istri, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Budi Santosa, S.Sos.,  Plt Sekda Sumenep R. Idris, MM. beserta istri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Sumenep, Pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Sumenep, Forpimka Pragaan, Dharma Wanita Kabupaten Sumenep, pengurus Koperasi dan kelompok UMKM se Kab. Sumenep, serta Tokoh masyarakat dan tokoh ulama. (Udiens)

No comments