ads 728 X 90

Breaking News

Waduh ! Atap Gedung Sekolah Bersejarah di Situbondo Dibongkar Tanpa Koordinasi


MEMO online, Situbondo - Gedung bekas sekolah China yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Situbondo, kondisinya saat ini sangat memperihatikan.


Gedung sekolah yang disebut warga setempat dengan gedung STM Daerah, telah lama ditempati dua sekolah, yakni SMK Daerah dan SMPN 1 Panji, kondisi atap di dua ruang kelasnya sudah dalam keadaan dibongkar tanpa penanganan.

Dan masalah tersebut ditemukan saat BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jatim datang ke gedung tersebut pada Kamis (24/8/2017), dan disambut dua pihak pengelola gedung yaitu pihak SMP dan SMK.

BPCB Jatim menemukan langsung sebagian atap gedung yang sudah dilepas ,termasuk balok-balok kayu di atap. Mendapati hal itu, pihak SMPN 1 Panji dihimbau untuk berkoordinasi terkait jika akan melakukan rehab gedung ke depannya.

"Rehab seharusnya koordinasi. Untuk memperbarui harus koordinasi. Bangunan yang berpotensi sebagai cagar budaya , penanganannya ada batasan-batasan. Beda dengan bangunan baru. Setidaknya pengelola tau jika gedung ini bersejarah," kata Mohammad Kholif, Ketua Tim BPCB Jatim yang membawa 5  anggota guna pendataan itu.

Warning itu dimaksudkan sebagai upaya pelestarian kecagarbudayaan sebagaimana diamanatkan undang-undang.

"Intinya,  kita harus berhati-hati mengelola gedung yang bernilai sejarah. Ini masih belum fix sebagai bangunan cagar budaya, tapi kita lakukan pendataan yang hasilnya nanti kita berikan pada tim ahli cagar budaya daerah untuk menentukan layak tidaknya status gedung ini sebagai bangunan cagar budaya," imbuh Kholif.

Pihak SMPN 1 Panji yang diwakili oleh Ketua Komite Junaedi beralasan jika pihaknya hanya sebagai obyek.

"Kami obyek. Sedang itu dari dinas terkait. Ini hanya atapnya. Kalo soal pembangunan tembok batas dan penutupan aula itu sudah kesepakatan," katanya. (Sjp/diens)

No comments