ads 728 X 90

Breaking News

Peduli Rohingya, Puluhan Mahasiswa Sumenep Shalat Gaib di Tengah Jalan


MEMO online, Sumenep - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Sumenep, menggelar aksi solidaritas terkait  tragedi kemanusiaan yang terjadi di provinsi Rakhime, Myanmar, Kamis (7/9/2017).


Dalam aksinya, puluhan mahasiswa melakukan shalat ghaib di depan masjid Agung Sumenep. Hal itu dilakukan, sebagai bentuk keperihatinan para mahasiswa atas tindakan keji yang tidak berprikemanusiaan pada etnis rohiingya. 

"Sebagai manusia, hati kami terketuk untuk ikut menyuarakan keadaan Rohingyah yang selama ini dibantai oleh Negaranya sendiri," kata  Muhsi Ramdan, selaku koordinator aksi.

Selain itu, ia juga meminta terhadap pemerintah Indonesia untuk ikut turun tangan menyelamatkan rohingya yang sudah bertahun tahun hidup dalam penderitaan.

Berkali kali pemerintah Birma mengusir ribuan muslim Rohingyah secara brutal disertai pembakaran pemukiman, pembunuhan, dan pemerkosaan. 

"Kami mendesak pemerintah Indonesia segera turun tangan memanggil kedutaan besar Miyanmar agar segera menyelesaikan konflik ini, kalau tidak bisa diselesaikan dalam waktu 3 x 24 jam, kami meminta agar Miyanmar dikeluarkan dari keanggotan asean," tekannya.

Usai melakukan orasi dan shalat ghaib, puluhan mahsiswa HMI melakukan pembacaan surat yasin di tengah Jalan, serta melakukan penggalangan dana, untuk kedamaian dan keselamaatan penduduk rohingyah. (Kris/diens)


No comments