ads 728 X 90

Breaking News

Serobot Lahan Orang Lain Tanpa Ijin, Warga Banyuwangi Dilaporkan Tetangganya ke LSM


MEMO online, Banyuwangi – Gara – gara menyerobot lahan orang tanpa seijin pemilikinya, Kiki, asal warga Kabupaten Banyuwangi,  Jawa Timur, dilaporkan tetangganya sendiri ke Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).


Kiki dilaporkan Nur Samsi, atas penyerobotan lahan sawah miliknya, yang telah telah digarapnya tanpa ijin.

Padahal lahan sawah tersebut sudah bersetifikat, dan sudah atas namanya. Namun oleh Kiki, lahan tersebut ditambang atau digarap tanpa meminta ijin terlebih dahulu kepada Nur Samsi.

"Itu adalah lahan sawah saya yang bersertifikat atas nama saya sendiri, namun kenapa sawah saya ditambang tanpa saya diberitahu oleh mereka," kata Nur Samsi, dengan nada kesal, Rabu (6/8/2017).

Dan atas perlakuan semena – mena terlapor, Nur Samsi tidak tinggal diam. Ia akhirnya  mengadukan persoalan tersebut ke LSM LP3KB untuk ditindak lanjuti.

Nur Samsi datang mengadukan persolannya ke kantor LSM LP3KB, pada Senin (4/9/2017) kemarin sekitar pukul 08.30 WIB.

Mendapat pengaduan dugaan penyerobotan lahan sawah dari Nur Samsi, Ketua LSM LP3KB Sugeng Setiawan, mengaku akan menindaklanjuti laporan tersebut.

Sebab, tindakan penambangan yang dilakukan Kiki, di lahan orang lain, merupakan tindakan yang sangat tidak benar, dan menyalahi Undang – Undang.

Hal itu dikarenakan terlapor seenaknya menambang lahan orang tanpa ada ijin terlebih dahulu dari pemiliknya.

"Saya dari Ketua LSM  LP3KB sangat menyayangkan tindakan Kiki, yang seenaknya merusak lahan orang tanpa ijin, " paparnya.

Sugeng Setiawan juga menjelaskan, bahwasanya  pelanggaran yang dilakukan atas undang undang no4 tahun.2009 tentang Pertambangan Minerba pasal 158 yang diduga tidak memiliki IUP.IPR atau IUPK dengan ancaman penjara 10 tahun dan denda maximal10 milyar.

“Harapan saya pihak Kepolisian Republik Indonesia segera menangkap dan memproses sesuai prosedural Hukum yang berlaku. Seperti halnya penambang penambang yang telah diproses dan bahkan sudah ada yang mendekam di LP, " pungkas Sugeng Setiawan, Ketua LSM LP3KB. (Risma/diens)


No comments