ads 728 X 90

Breaking News

Berada di Areal Sempit, Pengunjung Puskesmas Pandian Terpaksa Manfaatkan Trotoar Sebagai Lahan Parkir


MEMO online, Sumenep – Lantaran lokasinya berada di areal sempit, tepatnya  hanya berjarak beberapa meter ke badan jalan, kendaraan bermotor pengunjung maupun keluarga pasien Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pandian, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, terpaksa ditaruh di Trotoar, depan puskesmas setempat.


Kondisi tersebut tentu saja mengganggu dan dikeluhkan pedestrian atau pejalan kaki yang kerap melintas di trotoar tersebut.

Para pejalan kaki seringkali terpaksa menggunakan badan jalan karena trotoar yang semestinya untuk mereka malah menjadi areal parkir. Sehingga pejalan kaki harus melinyas dubahu jalan.

”Padahal, resikonya cukup tinggi kalau berjalan di bahu jalan. Bisa saja disenggol oleh mobil atau motor,” kata Ahmadi salah satu warga yang melintas di jalan tersebut setiap hari.

Kondisi seperti itu, juga mendapat keluhan dari Abd Rahmas salah satu pagiat lingkungan hidup. Menurutnya, dialihfungsikannnya trotoar tersebut karena banyak faktor. Pertama karena minimnya kesadaran masyarakat dan tidak adanya tempat parkir di Puskesmas Pandian.

”Itu tidak boleh, karena sudah jelas mengganggu terhadap pejalan kaki," ungkapnya.

Oleh sebab itu, demi keselamatan pejalan kaki pemerintah daerah segera mencari solusi. 

”Kalau nantinya pejalan kaki kesenggol mobil, siapa yang akan bertanggungjawab?, makanya sebelum itu terjadi lebih baik ditertibkan saja,” harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan dr Fatoni membenarkan hal itu. Oleh karena itu Dinkes sengaja tidak membangun pagar di Puskesmas Pandian. 

"Disana lokasinya sempit, dibelakang gedung ada makam sementara di sisi kanan dan kiri tidak bisa karena ada jalan," katanya beberapa waktu lalu.

Dikatakan, saat ini tidak hanya di Puskesmas Pandian yang tidak memiliki petugas maupun tempat parkir kendaraan, melainkan hampir semua Puskesmas belum memiliki fasilitas tersebut. Sehingga kendaraan milik keluarga pasien tidak terjami keamanannya.

"Rencana kesana (pengadan tempat parkir) ada, tapi anggaranya masih belum," tandasnya. (Ita/diens)

No comments