ads 728 X 90

Breaking News

Peringati Hari Sumpah Pemuda, SMPN 1 Klabang Gelar Karnaval Budaya


MEMO online, Bondowoso - Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, SMPN 1 Klabang, serta dalam rangka Dies Natalis yang ke-34 tahun. Kali ini kegiatan berupa Carnaval Budaya 2017, Sabtu (28/10/2017).


Menurut Mohammad Hairul,M.Pd. selaku kordinator acara, "Tema carnaval budaya tahun ini adalah merawat tenun kebangsaan". Menurutnya perlu kembali dipahamkan bahwa bangsa Indonesia penuh dengan keberagaman.

"Keberagaman budaya dan kesenian merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Kaum muda punya tanggung jawab besar untuk meleatarikan. Maka pada Carnaval kali ini, kami menampilkan keberagaman budaya Indonesia," kata Hairul.

Sekitar 300 orang peserta carnaval budaya 2017. Terdiri atas siswa-siswi, dewan guru, dan karyawan staff TU SMPN 1 Klabang. Mereka turun ke jalan melintasi jalan raya Kecamatan Klabang.

Secara umum ada 5 barisan besar dalam carnaval budaya 2017. Barisan Pakaian Adat 34 Propinsi, Barisan khusus tarian dan musik patrol Madura, Barisan Seni Musik Hadrah Tradisional,  Barisan Tari Singo Ulung, dan pemegang panji-panji Kenegaraan.

"Ini carnaval kali pertama kami adakan di bulan Oktober. Biasanya hanya karnaval kemerdekaan di bulan Agustus. Ini spesial HUT SMPN 1 Klabang dan Sumpah Pemuda," ungkap Sunar, S.Pd., MM.Pd selaku  Kepada Sekolah.

Carnaval Budaya dimulai pukul 13.00 WIB dari Jalan Raya Besuk-Klabang dan berakhir di halaman SMPN  1Klabang pukul 16.30 WIB. Secara umum acara berjalan lancar dan meriah. Terlihat penonton memadati  sepanjang rute perjalanan.
Pewarta : Arik Kurniawan
Editor : Udiens

No comments