ads 728 X 90

Breaking News

Acara Sosialisasi Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Kehidupan Beragama di Pragaan Diahdiri Batituud


MEMO online, Sumenep – Acara sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan Beragama di Pendopo Kecamatan Pragaan Jl. Raya Sumenep Pamekasan, Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, dihadiri Batiuud setempat.


Acara sosialisasi yang digelar Kamis, (23/11/2017) dengan narasumber dari Bakesbangpol Linmas Kabupaten Sumenep itu, dihadiri undangan sebanyak kurang lebih 65 orang.

Dalam sambutannya, Komandan Kormail 0827/09 Peragaan yang di wakili Serka Abd. Salam menyampikan, bahwa toleransi dan kerukunan antar umat beragama adalah sangat penting dan harus kita lakukan dalam kehidupan kita sehari – hari di masyarakat.

“Karena ditempat kita terdapat bermacam-macam suku bangsa dan agama. Teloransi dan kerukunan antar umat beragama mutlak untuk di lakukan untuk menciptakan suasana damai, tentram dan aman guna mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia," tegas Serka Salam.

Sedangkan Bapak Moch. Kafrawi S. Sos, M.Si. sebagai Kepala Bakesbangpolinmas menyampaikan permintaan maaf karena dengan adanya perubahan penjabat di FKUB yang sekarang dijabat oleh K. Mahfud, yang mana beliau berhalangan hadir dan diwakilkan oleh Habib Jakfar.

Kafrawi menyampaikan, salah satu diantara tugas FKUB adalah memberikan rekomendasi tempat peribadatan. Sehingga tidak terjadi hal yang tidak baik seperti yang terjadi di Kecamatan Kota dan Batang – Batang, terkait pembangunan ulang masjid.

“Apabila ada permasalahan atau kejadian di desa, segera dimusyawarahkan dan diselesaikan dari tingkat bawah dahulu, lebih-lebih yang berkaitan dengan permasalahan agama dan itu sangat fatal apa bila terjadi. Manfaatkan komunikasi antara Tiga Pilar untuk pengawasan terhadap permasalahan agama termasuk Radikalisme atau teroris, sampikan ke staf desa, disitu ada Kepala Desa, ada Babinsa dan Babinkamtibmas biar seger di tindak lanjuti,” kata Kafrawi.

Oleh sebab itu, pihaknya  mengajak masyarakat agar sama-sama dan bersinergi untuk berbenah.

“Sebagai barometer kita contoh di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, di sana ada yang sangat unik, ada Gereja, ada Klenteng, tapi mereka bisa bersama-sama berbaur, bisa rukun, sama-sama melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing,” sambungnya.

Kita jaga bersama, bersatu, harus kuat untuk melawan faham - faham yang tidak benar contoh nya Gerakan ISIS maupun Radikalisme yang lain yang bisa memecah belah trutama Kabupaten sumenep ini, ingat karena Sumenep sebagai pintu gerbang utama.

Pencerahan oleh Nara Sumber dari Forum Kerukunan Umat Beragama yang disampaikan oleh Habib Jakfar menyampaikan sejarah Islam dan seruan Qur'an yang diperjuangan oleh Rasulullah, dan sudah banyak terjadi perbedaan pendapat sehingga terjadi perpecahan menjadi dua kelompok yang disebabkan oleh provokator - provokator, siapa provokator ini ?? Provokator ini adalah ahli pembaca Al Qur'an yang bersumpah tetapi janji palsu.

"Sebelum masuk ke FKUB saya telah banyak membaca konsep FKUB, gunakan trilogi umat supaya seketika kita dihadapkan dengan permasalah bisa mengambil langkah dengan cara pandang berkomunikasi, ini juga merupakan cara Rosulullah SAW,  jangan langsung diselesaiakan secara hukum," papar Habib Jakfar.

Saya bertetangga dengan orang HTI, saya punya teman dari kelompok Nasabandi, rumah saya ada di Kampung Arab Sumenep dan saya juga orang NU, kenapa saya seperti itu karena saya telah mengetahui isi didalamnya NU dalam menghadapi semua permasalahan itu sudah ada penanggulangannya di NU, penyelesaian dengan cara pandang seperti Rasulullah.

Jadi mari kita sama-sama saling menghargai baik dari segala aktivitas ataupun kegiaatan biar selalu terjalin komunikasi yg baik guna menciptakan suasana yang aman dan kondusif demi mewujudkan Kabupaten Sumenep menjadi lebih baik. Di Lanjutkan penutupan Do'a oleh KH. Zarkasih Rahem Ketua Rois Syuriah MWC NU Pragaan.

Kepala Bakesbangpolinmas Kabupaten Sumenep Moch. Kafrawi S. Sos, M.Si. bersama Staf, Camat Pragaan Drs.Sujarno, Kapolsek Peragaan, Danramil Pragaan yang di wakili Serka Abd.Salam, MH.eserta Staf, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Habib Jakfar, Ketua Rois Syuriah MWC NU Pragaan an. KH. Zarkasih Rahem, Badan Otonum MWC NU Pragaan Kabupaten Sumenep, beserta Forkopimcam Pragaan Kabupaten Sumenep. (Udiens)

No comments