ads 728 X 90

Breaking News

BAKOHUMAS dan KEMENKOMINFO RI Resmi Tutup Ajang AMH 2017 di Novotel Palembang


MEMO online, Palembang - Malam Penganugerahan Media Humas secara resmi menutup kegiatan Sinergis Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tingkat Nasional Tahun 2017 yang diadakan oleh BAKOHUMAS dan KEMENKOMINFO  di hotel Novotel Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/11/2017) malam.



Bagian Humas Protokol Kabupaten Bekasi meraih Juara Terbaik II dalam nominasi Pelayanan Informasi Internet (Website) kategori Pemerintah provinsi/ Kabupaten/ Kota.

Sebagai Juara Terbaik I diraih  Diskominfo Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dan juara terbaik III yaitu Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi dengan mengalahkan 122 peserta dari daerah lainnya.

Penghargaan diberikan kepada Drs.Yan Yan Akhmad Kurnia selaku Kabag Humas Protokol Kabupaten Bekasi.

"Ini merupakan anugerah dan juga menjadi tantangan kedepan, agar Humas Kabupaten Bekasi terus memberikan pelayanan dan prestasi terbaiknya" tutur Yan Yan.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 21 November 2017 itu diikuti ribuan peserta dari Sabang sampai Merauke. Peserta SAIK terdiri atas utusan Pemerintah Daerah, khususnya yang berada di bidang Kehumasan, Informasi, dan Komunikasi.

Beberapa jenis perlombaan yang dilaksanakan pada Anugerah Media Humas (AMH) 2017 kali ini diantaranya 1. Siaran Pers/Pemberitaan, 2. Penyelenggaraan Media Sosial Kehumasan, 3. Pelayanan Informasi melalui Internet (Website), 4. Stand Pameran SAIK 2017 dan juga penghargaan secara individual yang di berikan kepada Insan kehumasan dengan peserta yang dibagi dari dua kategori yaitu Kategori Kementrian/Lembaga/Komisi/BUMN dan Kategori Pemerintah Provinsi/Kab/Kota.

"Ajang AMH 2017 kali ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, dimana bidang yang diperlombakan berkaitan dengan kegiatan kehumasan yang dilaksanakan oleh para instansi humas pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah" jelas Rosita Niken Widya Astuti selaku Direktur Jenderal Informasi, Komunikasi Publik Kementerian Kominfo.

Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan, kegiatan SAIK ini diselenggarakan untuk kedua kalinya. Sebelumnya diselenggarakan tahun lalu di Bandung, Jawa Barat.

"Untuk lokasi selanjutnya, nanti daerah lain bisa mengajukan. Siapa cepat, dia dapat, untuk menjadi lokasi pelaksanaan SAIK di tahun depan," kata dia.

Ia menerangkan, SAIK ini diikuti 2.500 orang peserta, antusias tahun ini dinilai pantas diancungi jempol karena dengan begitu maka informasi dan komunikasi publik sangat penting sehingga dari semua unsur merasa perlu ikuti SAIK untuk tingkatkan kapasitas dari setiap instansi pemerintahan.

Bukan hanya lokakarya dan dialog dengan sejumlah narasumber, dalam SAIK itu juga digelar pameran, festival kesenian tradisional, dan lainnya. Khusus Anugerah Media Humas (AMH), tahun ini merupakan ke-12 kalinya diselenggarakan. Ada sekitar 176 instansi yang ikuti AMH ini, baik dalam kategori penerbitan internal, website, siaran pers, hingga siaran instansi.

"Pada AMH ini, kita ubah kategori perlombaan, yakni lebih mengarah kepada aktivitas kehumasan yang terukur dan berdampak langsung kepada publik. Juga dinilai dari informasi program prioritas pemerintah kepada publik," terang Rosarita.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan humas di pemerintahan ataupun instansi dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Program pemerintah juga diharapkan dapat tersampaikan dengan baik.

"Saya juga berharap agar humas ini dapat meningkatkan kreasi dalam pelayanan inovasi publik melalui multichannel, multiplatform, dan berbagai kegiatan yang harapannya informasi dari pemerintah dapat diterima langsung oleh masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, seluruh kinerja pemerintah harus dipastikan sampai kepada masyarakat. Selain sosialisasi juga harus ada edukasi.

"Humas juga harus dapat meng-counter narasi apabila ada data atau kinerja pemerintah yang dibolak-balik oleh pihak tidak bertanggung jawab. Humas harus bisa bekerja maksimal, luar biasa, bahkan kalau bisa 24 jam. Karena informasi dapat datang kapan saja, baik pagi, siang hingga malam," pungkas Rosarita.
(Bam/diens).

No comments