ads 728 X 90

Breaking News

Beralasan Lebih Banyak Keuntungannya, Politisi PAN Pali Wacanakan Kelurahan Menjadi Desa


MEMO online, Pali - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, mewacanakan kelurahan menjadi desa.


Hala itu dikarenakan, dengan kembalinya kelurahan menjadi desa, maka daerah tersebut akan memiliki beberapa keuntungan.

Seperti dapat mngembangkan perokonomian rakyat, meningkatkan pelayanan publik, serta dapat mengelola Dana Desa. Sehingga pembangunan dapat lebih di tingkatkan.

“Selain itu, dengan kembalinya kelurahan menjadi desa, desa dapat mengembangkan budaya serta adat istiadat, punya anggaran desa, dan dapat menyelenggarakan pemerintahan sendiri. Karena yang menjadi kepala desanya  dipilih langsung oleh masyarakat,” kata Bpk Romy suryadi AMD  dan Mairil Afrianto ST, pilitisi PAN Pali, Selasa (7/11/2017).

Sementara di Kabupaten Pali, tedapat enam kelurahan, yang kemungkinan juga memiliki keinginan yang sama, yakni kembalinya kelurahan menjadi desa.

Karena sesuai PERMENDAGRI No 1 tahun 2017 pasal 49 paragraf 3 yang bunyinya menyatakan bahwa kelurahan bisa menjadi Desa.

Dan masalah tersebut pernah terjadi di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Di sana ada 16 kelurahan yang lolos verifikasi administrasi dan berubah menjadi desa.

“Besok kami akan menghadap Bupati Pali, untuk mnyampaikan wacana ini. Semoga disetujui, dan DPRD Pali siap membuat  Raperdanya,” pungkasnya. (Syam/diens)

No comments