ads 728 X 90

Breaking News

Bersitegang, Mediasi Tanah Percaton Penjaga Asta Tinggi Seluas 12 Hektar 'Alot'


MEMO online, Sumenep - Polemik kepemilikan tanah percaton seluas 12 hektar milik salah satu penjaga asta tinggi, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kian memanas.


Bahkan upaya mediasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Gung-gung, Kecamatan Batuan, Sumenep  terhadap ahli waris dengan pihak Yayasan Penambahan Sumolo (YPS), untuk meredam permasalahn tersebut,berlangsung alot.

Pelaksanaan mediasi itu dilaksanakan di Balai Desa Gung-gung, Senin (20/11/ 2017) dan dihadiri oleh aparat desa, Camat Batuan, Polsek Kota dan dari unsur TNI itu sulit menumkan titik terang. Kedua belah pihak sama-sama ngotot mempunyai hak atas tanah percaton tersebut.

Data yang disodorkan oleh ahli waris RP Taufiqurrahman berupa liter C sebagai kepemilikan tanah atas nama buyutnya. Dimana Taufiq mengklaim atas dasar itu diri berhak mengelola tanah tersebut.

Sementara dari pihak YPS ngotot mempunyai hak untuk mengelola dengan landasan mempunyai sertifikat hak pakai atas tanah tersebut. Bahkan kedua belah pihak saling adu mulut didepan petugas.

Hairudin selaku perwakilan dari Kepala Desa Gung-gung mengaku hanya memfasilitasi antara ahli waris dengan pihak YPS atas permintaan kedua belah pihak.
Selain karena permintaan kedua belah pihak, sebagian tanah yang dipermasalahkan ada di Desa Gung-gung, termasuk pengelola lahan adalah masyarakat Desa Gung-gung.

"Keseluruhan sekitar 50 hektaran yang ada disini (Desa Gung-gung)," katanya kepada media.

Dijelaskan, dari 50 hektar tanah tersebut saat ini telah bersertifikat hak kelola dibawah naungan YPS.

"Ada sebagian yang ada embel-embel yayasan penambahan somala, sekitar 10 hektaran koma sekian," jelasnya.

Penyertifikatan itu difasilitasi oleh pihak YPS dengan alasan untuk mempermudah pembayaran pajak (SPPT). Bahkan saat pelaksanaan proses sertifikat dari ahli waris sempat diundang namun tidak hadir.

"Jadi, kalau kronologis semuanya desa tidak tahu," ungkapnya. (Ita/diens)

No comments