ads 728 X 90

Breaking News

Demi Sukseskan Program Swasembada Pangan, Babinsa Dasuk Rela Ikut Petani Tanam Jagung


MEMO online, Sumenep – Demi mempererat hubungan antara TNI – Rakyat dan demi menjalankan tugas pokok TNI khususnya para Babinsa melakukan pendampingan terhadap petani, Babinsa koramil 0827/12 Dasuk, Sertu Wahyono, rela turun ke ladang dan ikut membantu petani menanam jagung.


Babinsa Dasuk Sertu Wahyono membantu menanam Jagung di lahan milik Bapak Fauzan, salah satu anggota kelompok Tani "Mekar Sari", di Dusun Batangan, Desa Kerta Barat, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu  (8/11/2017).

Sedangkan pendampingan terhadap petani dilakukan, dalam rangka memberikan motivasi dan mendorong semangat kepada para petani.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil produksi panen, serta kwalitas tanaman demi tercapainya target swasembada pangan sesuai harapan komando Atas,"Jelasnya".

Sementara Kapten Kav Bambang Sekti Wiyono selaku Komandan Koramil 0827/12 Dasuk, menyampaikan dengan adanya pendampingan Babinsa serta penyuluhan oleh PPL terhadap petani di lapangan, diharapan hasil panen petani melimpah.

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah mensukseskan  program ketahanan swasembada pangan Nasional.

“Dan hal itu di perlukan proses pemberdayaan serta pendampingan pertanian secara seimbang dan berkesinambungan,” paparnya.

Selain itu di perlukan adanya kerjasama dari seluruh elemen masyarakat mulai dari Koramil, UPT Pertanian, Babinsa, PPL, Kelompok Tani dan para petani itu sendiri.

Sebab sebagaimana yang dicanangkan Komando atas, Negara Indonesia, yang kita ketahui sangat berlimpah dengan kekayaan sumber daya alam yang harusnya dapat menampung semua kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.
Salah satunya dengan cara melakukan diversifikasi pangan, agar masyarakat tidak dipaksakan utuk bertumpu pada satu makanan pokok saja (dlm hal ini padi/nasi).

Dengan begitu, selain menjalankan tugas pokoknya, TNI-AD dalam hal ini Komando Distrik Militer (KODIM) juga menjalankan tugas untuk melaksanakan Pendampingan di bidang Pertanian.

“Dan itu sesuai dengan yang di gaungkan oleh pemerintah dalam meningkatkan Swasembada pangan. Dan untuk pelaksana dilapangan adalah para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayahnya masing – masing,” pungkas Danramil. (Udiens)


No comments