ads 728 X 90

Breaking News

Jelang Tutup Anggaran, Serapan Rastra di Sumenep Masih 59 Persen


MEMO online, Sumenep - Hingga awal November 2017 serapan bantuan beras bagi warga sejahtera (Rastra) baru 59 persen dari toal pagu 23 juta 42 ribu ton.


"Hingga Oktober ini yang terdistribusi baru 59 persen," kata Mustangin, Kepala Bagian Perekonomian, Setkab Sumenep.

Menurutnya, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tahun ini mencapai 128 ribu 16 orang. Mereka tersebar di 334 des/kelurahan di 27 Kecamatan, baik kecamatan kepulauan maupun daratan.

Mantan Camat Gapura itu mengungkapkan, dibandingkan daerah lain di Madura, realisasi bantuan beras bersubsidi tahun ini sangat rendah. Sumenep berada di nomor urut ketiga setelah Bangkalan dan Sampang. Sedangkan Pemekasan urutan keempat.

Salah satu faktor minimnua penebusan itu kata Mistangin, akibat adanya perubahan adminitrasi di awal tahun. Sehingga pendistribusian bisa dilakukan mulai bulan Mei lalu.

"Andai saja ditebus sejak awal tahun, bisa saja sudah mencapai 70 hingga 80 persen," tuturnya.

Sesuai aturan, meskipun awal penebusan molor hingga beberapa bulan, pendistribusian rastra harus dilakukan sebelum tutup anggaran. Jika tidak, maka jatahnya akan hangus.

"Tetapi kami optimis hingga batas akhir yang ditentukan, rastra bisa ditebus secara keseluruhan," pungkasnya. (Ita/diens)

No comments