ads 728 X 90

Breaking News

Kadesnya Diberhentikan Sepihak, Ratusan Warga Desa Persiapan Batu Tugu Demo


MEMO online, Pali – Ratusan warga Desa Persiapan Batu Tugu, Kecamatan Abab, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, mendatangi kantor Pemkab setempat, Rabu (8/11/2017).

Kedatangan ratusan warga bersama forum pemerintahan desa persiapan(FPDP) ke kantor Pemkab Pali, dalam mempertanyakan pemberhentian Kepala Desa Persiapan Batu Tugu, yang diduga dilakukan secara sepihak.

"Kami melakukan aksi ini sesuai dengan tuntutan yang kami sampaikan kemarin, yaitu segera aktifkan kembali saudara Suhardi, sebagai Kepala Desa Persiapan Batu Tugu. Kedua turunkan jabatan A Ghani Akmad, selaku Kadin DPMD kab pali dan ketiga turunkan jabatan asisten II setda pali Gogor Wirabumi,” Teriak  Dedi Handayani, Ketua FPDP, saat berorasi melalui pengeras suara.

Selain itu, FPDP meminta Pemkab Pali segera proses hukum Kepala Desa Prambatan, Badan Pemerintahan Desa (BPD) Prambatan, dan LSM pengawalan merah putih yang diduga telah mmberikan laporan palsu terkait turunnya Kades Desa Persiapan Batu Tugu.

Setelah itu, sembilan perwakilan dari FPDP dan masyarakat Desa Persiapan Batu Tugu Kecamatan Abab di undang masuk ke ruang rapat, untuk memusyawarahkan perihal tuntutan tersebut.

Dan sembilan perwakilan pendemo diterima Sekda Pali Bpk Robby Kurniawan, SSTP.MSI, asisten I Setda Pali Rizal pahlevi, Kaban kesbangpol A Rivai, SH dan Inspektorat.

Setelah kurang lebih tiga jam  bernegosiasi akhirnya tuntutan para pencari keadilan ini menemui titik terang.

Tuntusan para demonstran akan ditindak lanjuti oleh tim gabungan yang di bentuk oleh Pemkab Pali.

Tim tersebut akan melakukan peninjauan ulang dengan membntuk Tim gabungan yang trdiri dari -penegak hukum, FPDP dan tokoh masyarakat Batu Tugu.

Sebelumnya saat di lakukan mediasi massa sempat akan menerobos barisan petugas dari kepolisian dan satpol pp, namun hal trsbt mampu di redam, dan setelah mendengar pembacaan keputusan perwakilan dan pihak pemerintah akhirnya ratusan demonstran setuju dan membubarkan diri dgn tertib.

Sementara itu Kepala Dinas Pemerintahan Desa Bpk A. ghani akmad ketika di cnfirmasi perihal tuntutan demonstran agar dirinya di turunkan dari Jabatan trsbt beliau mngatakan.

"Kita serahkan semuanya kepada Sekda," jelasnya singkat. (Syam/diens)


No comments