ads 728 X 90

Breaking News

Keren... SMPN 1 Klabang Raih Juara 2 Lomba Menulis Esai Literasi Budaya se Jatim


MEMO online, Jombang – Sepuluh 10 finalis lomba penulisan esai tingkat SMP/MTs Sejawa Timur, mempresentasikan karyanya, pada Minggu (19/11/2017).

Bertempat di Aula SMPN 3 Peterongan, Darul Ulum Jombang, Jawa Timur.
Tim dari SMPN 1 Klabang Bondowoso merupakan satu-satunya finalis dari wilayah Tapal Kuda.

Tim yang terdiri atas Sitiwani dan Khusnul Hotimah membawakan esai berjudul "Mengubah Cerita Lisan Menjadi Tulisan".

Esai tersebut menawarkan cara mewariskan nilai-nilai budaya dengan cara menuliskannya. "Sekarang orang tua sudah jarang yang berdongeng untuk pengantar anak-anaknya tidur. Cerita-cerita lisan perlu untuk dituliskan," papar Khusnul Hotimah.

Menurut Sitiwani, ada dua cara untuk menyelamatkan kebudayaan dari kepunahan. Pertama, literasi budaya.

Yaitu memahamkan dan melibatkan generasi muda dalam acara-acara kebudayaan. Kedua, budaya literasi. Yaitu menuliskan berbagai bentuk kebudayaan sekaligus menggiatkan gerakan untuk membacanya.

Mohammad Hairul,M.Pd selalu guru kordinator Literasi di SMPN 1 Klabang menyampaikan, ia memang sedang mencari banyak arena untuk uji nyali bagi siswa-siswinya sebagai tolak ukur keberhasilan program literasi.

"Alhamdulillah anak-anak kami sudah mampu berpartisipasi di tingkat propinsi," imbuhnya.

Sedangkan Sunar, S.Pd., MM.Pd selalu Kepala SMPN 1 Klabang menyampaikan sangat bahagia dan bangga dengan prestasi yang diraih siswa-siswinya.

"Ini bukti bahwa sekolah kecil di pinggiran pun mampu mengukir prestasi membanggakan," terangnya.

Berkat prestasi yang diraih, Tim SMPN 1 Klabang mendapat trophy dan piagam penghargaan dari wakil gubernur Jawa Timur, sejumlah uang pembinaan, dan paket buku literasi dari Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Pewarta : Arik Kurniawan

Editor : Udiens


No comments