ads 728 X 90

Breaking News

Muatan Sepi, Sebuah Mobil Ambulance di Sumenep Alih Fungsi Jadi Pengangkut Kramik


MEMO online, Sumenep – Sebuah mobil ambulance dengan nopol M 8033 VP tertangkap kamera wartawan, saat sedang parkir di jalan Teuku umar, Desa Pandian, Kecamatan Kota, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (22/11/2017) sekitar pukul 16.00 Wib.


Pantauan wartawan di lapangan, mobil Ambulance tersebut sedang digunakan mengangkut kramik.

Dua pria yang masih lengkap dengan seragam dinasnya, terlihat sedang berdiri mengawasi seorang kuli angkut, yang sedang memasukkan kramik ke dalam mobil plat merah tersebut.

Bahkan, di dalam mobil terlihat, ada beberapa orang yang sibuk merapikan kramik.
Namun hingga berita ini diturunkan, belum diketahui hendak dibawa kemana keramik-keramik tersebut.

Tapi dari nama yang tertera disamping kanan kiri kendaraan, ambulance tersebut diduga mobil dinas milik puskesmas Lenteng.

Padahal mobil dinas tersebut biasanya digunakan untuk mengangkut orang sakit, maupun korban kecelakaan, serta mayat.

“Mungkin saat ini sedang sepi muatan pasien. Makanya digunakan untuk mengangkut keramik,” kata salah seorang warga Pandian, yang meminta namanya tidak disebutkan.

Sedangkan secara eksterior, kendaraan ini dilengkapi dengan sirene dan lampu rotator darurat (biasanya berwarna merah atau merah biru) agar dapat menembus kemacetan lalu lintas.

Kendaraan ini merupakan salah satu prioritas di lalu lintas selain Pemadam kebakaran yang memiliki hak untuk melanggar peraturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah, melawan arah, dan melalui lajur bahu jalan, dan sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Perlalulintasan bahwa kendaraan seperti Ambulans dan kendaraan gawat darurat yang lainnya harus diberi kenyamanan dan diberi lintasan untuk di jalan raya guna menyelamatkan nyawa.

Di Indonesia, Ambulans biasanya berasal dari macam-macam instansi, seperti Ambulans Rumah sakit pemerintah atau swasta, Ambulans Paramedis, Ambulans PMI, Ambulans Puskesmas, Ambulans Pemadam kebakaran, Ambulans Klinik, dan Ambulans SAR/Basarnas. 

Di negara-negara maju bahkan ada Ambulans Helikopter dan Ambulans Pesawat untuk umum.

Tulisan "AMBULANCE" yang terbalik di depan kendaraan ini tujuanya agar pengemudi kendaraan didepan ambulans bisa membaca tulisan "Ambulance" dari kaca spion untuk bisa memberi laluan di jalan. (Fiq/diens)

No comments