ads 728 X 90

Breaking News

Sebulan Lebih Tak Melaut, 'Besok' KM DBS I Akan Kembali Layani Rute Pelayaran Penumpang


MEMO online, Sumenep – Setelah sebulan lamanya tidak melayani penumpang melakukan perjalanan laut, mulai besok, Selasa (21/11/2017), Kapal Motor Dharma Bahari Satu (DBS I) kembali akan melaut.


KM DBS I akan melayani rute pelayaran dari pelabuhan Kalianget, ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sebab, sudah sebulan lamanya, KM DBS I tidak beroperasi, karena sedang dalam masa perbaikan.

"Mulai besok KM Dharma Bahari I direncanakan akan beroperasi lagi," kata Rasul Djunaidy, Direktur Utama PT Sumekar, Senin (20/11/2017).

KM DBS I dikelola PT Sumekar yang merupakan salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) Kabupaten Sumenep. Dulu PT Sumekar memiliki dua KM, yakni KM DBS I dan KM DBS II.

Hanya saja saat ini yang beroperasi  antar kepulauan di Sumenep hanya KM DBS I, sementara KM DBS II dikandangkan di Pelabuhan Kalianget, setelah dinyatakan tidak layak beroperasi.

KM DBS I melayani trayek dari Pelabuhan Kalianget ke Pelabuhan Batu Guluk, Pulau Kangean serta Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Sapeken dan sebaliknya.

Perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Sapeken waktu normal bisa ditempuh sekitar 12-13 jam perjalanan laut. 

"Untuk besok jadwalnya dari Pelabuhan Kalianget menuju Pelabuhan Batu Guluk Pulau Kangen," jelas Rasul.

Sebelumnya KM DBS I tidak beroperasi sekitar satu bulan lamanya. Karena dalam perbaikan (Docking). 

"Saat ini sudah selesai dan bisa beroperasi sesuai jadwal biasanya," tuturnya.

Pengamat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Agus Arif Rakhman memprediksi esok hari Kabupaten Sumenep akan dilanda hujan, mulai dari hujan ringan hingga sedang.

"Dini hari cuaca diperkirakan hujan lokal dengan kecepatan angin 9,3 /Km/Jam dari utara-barat. Sementara kelembaban 95 persen dengan suhu 24 C," katanya.

Namun, lanjut Rahman dipagi hari cuaca berpotensi berubah menjadi hujan sedang dengan kecepatan angin 3,7 Km/Jam dari arah barat, dengan suhu 26 C dan kelembaban 80 persen.

Sementara siang hari di wilayah Kabupaten Sumenep diprediksi akan hujan yang disertai petir dengan kecepatan angin 18,5 Km/jam dari arah barat laut. Kondisi tersebut menyebabkan suhu udara meningkat menjadi 32 C dengan kelembaban 65 persen.

"Sementara malam hari diperkirakan hanya hujan ringan, dan kecepatan angin hanya dikisadan 9,3 Km/Jam dari utara-Barat laut. Sementara suhu udara menurun menjadi 26 C dengan kelembaban 80 persen," tegasnya. (Ita/diens)

No comments