ads 728 X 90

Breaking News

Stok Menipis, Harga Vaname dan Bandeng di Lamongan Naik


MEMO online, Lamongan – Lantaran pasokan berkurang, harga ikan vaname dan bandeng di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengalami kenaikan.


Apalagi saat ini para pedagang didaerah tersebut selalu kekurangan stok. Hal itu dikarenakan, didaerah Lamongan belum memasuki musim panen.

Marwah, salah satu pedagang ikan di Lamongan mengatakan jika stok udang vaname yang dimiliki saat ini sangat sedikit. Sehingga harganya cukup mahal dan peminatnya menurun.

Sedang ikan bandeng stoknya saat ini juga berkurang. Karena pasokan dari nelayan juga sedikit.

“Kalau kita nyetok terlalu banyak khawatir tidak habis, jadi kita nunggu pesanan saja, itupun kalau stoknya ada,” sesalnya.

Bahkan saat ini, pedagang ikan sudah tidak banyak yang menjual vaname, hal itu dikarenakan terbatasnya stok, serta harganya yang mahal.

“Harga udang vaname sekarang mencapai 60.000 per kilo (kg), naik 12000 dari sebelumnya 48.000 per kilo (kg), sedangkan harga ikan bandeng naik dari sebelumnya 25.000 per kilo (kg) menjadi  30.000 per kilo (kg),” paparnya.

Kelangkaan stok dan kenaikan harga tersebut dikeluhkan oleh pembeli, salah satu pembeli, Sa'diyah mengatakan kenaikan harga udang vaname membuatnya harus menghapus menu udang di rumah makannya.

Ibu muda yang mempunyai usaha masakan padang tersebut kesulitan mendapatkan udang vaname hari-hari ini.

“Kenaikan harga ikan sudah mulai berlangsung sejak sepekan lalu. Naiknya harga ikan ini terjadi karena pasokan berkurang. Jika terus berkurang, harga bakal semakin naik dan saya enggan membeli karena apabila harga per porsi di rumah makan saya ikut dinaikkan pasti pelanggan komplain," pungkasnya. (Irul/diens)

No comments