ads 728 X 90

Breaking News

Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Babinsa Masalembu Bantu Merawat Tanaman Kacang


MEMO online, Sumenep - Kacang tanah ialah suatu jenis tanaman berupa semak semusim, tingginya 0,3 - 0,5 meter.

Percabangannya dimulai dari pangkal tanaman, daunnya selalu berpasangan

Dengan anak daun lonjong atau bulat telur terbalik sedangkan bunganya berupa bulir yang berwarna kuning, buah kacang tanah yang disebut polong berwarna cokelat kekuningan dengan bentuk memanjang.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis.

Tanaman kacang ini masuk di Indonesia pada abad ke-17 silam yang mana sampai saat ini masih menjadi salah satu tanaman yang berpotensi guna kelangsungan hidup masyarakat yang pekerjaannya sebagai petani.

Salah satunya tanaman kacang yang masih dibudidayakan oleh warga binaan Sertu Yohanes Gapo, Babinsa Ramil 0827/22 Masalembu.

Bapak Daus, pemilik lahan tanah warga di Dusun Raas, Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura-Jawa Timur ini merasa senang karena dalam proses penggemburan lahan di bantu sama Babinsa Koramil Masalembu.

Sertu Yohanes Gapo, anggota Babinsa Koramil Masalembu mengatakan bahwa pemeliharaan kesuburan tanaman kacang tanah tersebut dengan cara mengolah taman di kanan kiri tanaman kacang menggunakan alat tradisional serta menyiangi dan mencabuti rumput disekitar tanaman, penyemprotan hama dengan obat pestisida gandasil, dengan harapkan panen nanti hasilnya dapat memuaskan sehingga mampu mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Danramil masalembu Kapten Arh Joko Purnomo mengatakan salah satu pelaksana yang merupakan barisan terdepan dalam pembinaan teritorial guna mewujudkan swasembada pangan adalah wujud nyata kerja Babinsa dengan petani

Di samping itu juga untuk meningkatkan warga masyarakat khususnya di Kecamatan Masalembu seperti yang sudah dilakukan oleh Sertu Yohanes Gapo di wilayah desa binaanya. (Udiens)

No comments