ads 728 X 90

Breaking News

Dukung Program Pemerintah, Babinsa Koramil Kalianget Puldata Raskin


MEMO online, Sumenep - Demi suksesnya Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas dan tepat administrasi, Babinsa Desa Poteran anggota Koramil 0827/02 Kalianget Sertu Joko, melakukan komuikasi serta berkoordinasi dengan penerima raskin di wilayah binaannya.


Sertu Joko mengumpulkan data-data pada warga binaanya utamanya yang mendapatkan bantuan Raskin khususnya di Kecamatan Talango.

Program raskin tidak lain bertujuan untuk membantu kelompok warga masyarakat miskin dan rentan miskin supaya mendapatkan cukup pangan dan nutrisi karbohidrat tanpa kendala. Efektivitas Raskin sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan sangat bergantung pada kecupan nilai transfer serta ketepatan sasaran kepada kelompok miskin dan rentan.

Dijelaskan juga Plh. Kepala Desa Poteran bahwa Program Raskin untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Penetapan program raskin, sejak periode Juni-Desember 2012, didasarkan pada Basis Data Terpadu untuk Program Perlindungan Sosial.

Basis Data Terpadu berisikan sekitar 25 juta rumah tangga dengan kondisi sosial ekonomi terendah dirinci menurut nama dan alamat. Sumber utama Basis Data Terpadu adalah Pendataan Program Perlindungan Sosial tahun 2011 (PPLS 2011) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan diserahterimakan kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Program ini salah satu program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat berupa bantuan beras bersubsidi kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin).

No comments