ads 728 X 90

Breaking News

Minim Peminat, Pendaftaran PPL di OKU Diperpanjang


MEMO online – Baturaja,OKU – Minimnya minat masyarakat untuk menjadi Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), memaksa Panwaslu setempat memperpanjang masa pendaftaran. 


Pasalnya, terdapat beberapa kecamatan yang belum memenuhi kuota minimal, sehingga masa pejaringan petugas harus diperpanjang.

Salah satunya yang terjadi di Kecamatan Baturaja Timur. Hingga kini baru 6 kelurahan yang memenuhi kuota. Setiap desa atau kelurhan minimal tiga pendaftar. 

”Hingga saat ini jumlah pendaftar baru 28 orang. Jadi masih banyak desa atau kelurahan yang belum memenuhi kuota pendaftar minimal. Kemungkinan besar masa pendafran akan diperpnjang,” kata Ketua Panwan Kecamatan Baturaja Timur Saipul saat dibincangi di sekretariat panwascam kawasan air paoh Selasa (2/1/2018).

Divisi Organisasi dan SDM, Panwaslu OKU, Dewantara Jaya membenarkan hal itu. Direncanakan Perpanjangan waktu pendaftaran dijadwalkan mulai 3-7 Januari 2018 mendatang.

"Karena belum cukupnya kuota pelamar satu desa atau keluharah sebanyak 3 pelamar inilah, maka jadwal diperpanjang. Cuma untuk kepastianya nanti sampai jam 4. Karema hari ini jadwal pendaftaran terakhir. Jika memang sampai pukul 04:00 wib masih saja kurang maka waktu pendaftaran akan resmi kita perpanjang," kata Dewantara.

Jika masa perpanjangan waktu pendaftaran habis, namun masih saja pelamar kurang memenuhi kuota 3 orang maka akan dilanjutkan ke tahap penelitian administrasi. Jadwalnya mulai tanggal 4-8 Januari 2018 dan di umumkan pada 9 Januari 2018.

"Masa tanggapan masyarakat mulai 10-14 Januari 2018," tadasnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu OKU, Anggi Yumarta mengatakan, dalam pembentukan PPL Desa dan Kelurahan se Kabupaten OKU ini masih menggunakan UU 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati dan Walikota / Wakil Walikota tahun 2018.

“Untuk  PPL dibutuhkan satu desa dan kelurahan satu orang. Artinya dibutuhkan sebanyak 157 orang sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada di OKU,” katanya. (Jum/jun)

No comments