ads 728 X 90

Breaking News

Datangi Industri Kreatif, Gus Ipul Borong Sejumlah Produk UMKM


MEMOonlines.com, Sidoarjo – Pasangan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur 2018 dari nomor urut 2, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul), blusukan ke lokasi Industri Tas dan Koper (Intako), yang ada di ‎Dusun Kaweden, Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (20/2/2018) siang. 
Pasangan Cawagub Puti Guntur Soekarno itu tiba di lokasi sekitar pukul 11.42 Wib. Rombongan langsung masuk ke lokasi galeri industri kretaif yang berdiri sejak tahun 1975 silam itu. Pertama masuk, Gus Ipul langsung menuju aneka produksi tas lalu menuju produk sandal, dompet dan sepatu.‎
Berada di stand tas berbahan kulit, ‎mantan Menteri PDT itu di dampingi Ketua Intako berdialog dengan pengurus Intako. "Motif'e apik-apik iki (Motifnya bagus-bagus ini)," kata cicit KH Bisri Syamsuri itu sambil berdialog. 
Bahkan, Gus Ipul juga memborong sejumlah produk UMKM Khas Kota Delta yang berbahan kulit dan berkualias eksport. Seperti, koper, topi, dompet dan sepatu.
"Barangnya bagus-bagus, harganya terjangkau. Ini produk hasil UMKM dengan kualitas tinggi," ungkap mantan Ketum GP Ansor dua periode itu.
Didampingi Politisi PKB Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan, Ketua Intako Ainurrofiq dan para pengerajin yang tergabung di Intako diantaranya, H Choir dan H Sodikun.  ‎
Gaya Gus Ipul yang selalu menyapa masyarakat membuat sejumlah pengunjung galeri Intako termasuk karyawan mengajak dialog bahkan untuk foto bersama. 
"Foto Gus," ucap para karyawan yang menjaga galeri tersebut. Dengan sabar dan tebar senyum Gus Ipul meladeni satu persatu.
Meski blusukan hanya dilakukan sekitar 40 menit, sejumlah pengerajin tas mengaku senang.
"Ya begini seorang pemimping, harus turun dan melihat kondisi di bawah. Gus Ipul sudah terlihat kalau jadi Gubernur," kata H Sodikun, salah satu pengerajin yang mendampingi Gus Ipul.‎
Selain itu, Gus Ipul melanjutkan blusukan ke para pengerajin yang berada di wilayah Rt 12, Rw 05 Dusun Kaweden, Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, untuk melihat langsung produk UMKM tersebut.‎
Gus Ipul melihat ekonomi kerakyatan seperti di Tanggulangin bisa diduplikasi di daerah lain. Tanggulangin berhasil menciptakan setidaknya 400 UMKM berbahan dasar kulit. Pemuda di Tanggulangin nyaris tidak ada yang menganggur karena mereka terwadahi di UMKM yang ada.
"Semua anak muda di sini bisa diserap. Sangat kecil pengangguran di sini. Saya melihat kawasan ini bisa dikembangkan jadi wisata industri UMKM yang sangat menarik," ujarnya.
Kawasan wisata industri UMKM Tanggulangin, kata ketua PBNU ini, bisa diintegrasikan dengan wisata Lumpur Lapindo. Jika jadi Gubernur, akses dari wisata lumpur ke kawasan Intako akan diperlebar dan dipermudah.
Transportasi penunjang juga akan dibangun misalnya dengan menyediakan angkutan dari stasiun Tanggulangin, maupun angkutan dari terminal Sidoarjo ke Tanggulangin.
Keponakan Gus Dur ini juga mengatakan, para pelaku UMKM di Tanggulangin umumnya sudah cukup berkembang dan maju.
"Saya melihat mereka ini hanya perlu sentuhan sedikit dari Pemerintah diantaranya dengan membantu riset tentang desain produk sehingga mereka bisa menciptakan aneka sepatu dan tas dengan model yang lebih modern," kata Gus Ipul.
Selain itu, Gus Ipul juga akan membantu pemenuhan teknologi modern di Tanggulangin sehingga pembuatan aneka kerajinan bisa kebih cepat dan mampu memproduksi secara massal.
"Pembiayaan juga akan kita bantu dan perbanyak. Bunga murah bagi UMKM di Jawa Timur juga akan terus kita dorong sehingga mereka bisa lebih mudah bersaing dengan serbuan barang dari Cina," ujarnya.
Keberadaan digital Marketing yang saat ini sudah dirintis di Intako juga akan diperkuat sehingga jangkauan pasar bisa lebih luas lagi.(*)

No comments