ads 728 X 90

Breaking News

Dinkes Kabupaten Bekasi Tambah Layanan Tes dan Konseling HIV/ AIDS

MEMO HOT's

Bekasi - Cikarang Pusat - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi menambah tempat layanan tes dan konseling bagi penderita HIV/ AIDS. Sebelumnya layanan tersebut hanya berada di 14 Puskesmas, tetapi sekarang bertambah menjadi 19 Puskesmas.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Irfan Maulana, mengatakan terkait dengan upaya penanggulangan penyakit HIV/ AIDS pihaknya melakukan upaya deteksi dini dengan menambah layanan tes dan konseling yang ada di Puskesmas.

"Dengan adanya tambahan layanan tersebut maka lebih mendekatkan pelayanan bagi penderita HIV/ AIDS khususnya di titik lokasi rawan penyakit tersebut, "ucapnya, Jumat (30/11/2018).

Mereka yang beresiko terjangkit penyakit HIV/ AIDS bisa melakukan tes di Puskesmas terdekat, selain mendapat layanan konseling, obat-obatan juga diberikan.

Selain penambahan tempat layanan, petugas di Puskesmas, juga dilatih agar dapat melayani pasien HIV/ AIDS.

dr. Irfan menambahkan, jumlah penderita HIV/ AIDS tahun ini, meningkat dari tahun sebelumnya, yakni mencapai 1551 orang.

"Tahun sebelumnya, terdapat 1363 kasus yang artinya naik 13,7 persen," ujarnya.

Menurutnya, penularan virus HIV/ AIDS paling banyak melalui hubungan seks yang tidak aman atau kerap bergonta-ganti pasangan.

Bahkan ada juga ibu hamil dan bayinya terjangkit karena suaminya menderita HIV/ AIDS.  

Untuk itu pihaknya sangat peduli terhadap pencegahan penularan virus mematikan tersebut di kalangan ibu hamil beserta bayinya. (Bam/Diens).

No comments